Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

/
188 Comments


Selamat datang. Bagi adik-adik siswa SMA/MA sederajat, ada informasi nih tentang pendaftaran mahasiswa baru Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta tahun akademik 2013/2014. Berikut ini jalur pendaftarannya baik dari SPMB Mandiri, SNMPTN, maupun SPMB-PTAIN:
  1. Informasinya bisa adik-adik dapatkan mulai dari 1 April s.d 28 Juni 2013 (di kampus atau di situs UIN Jakarta)
  2. Pendaftaran SPMB Mandiri dimulai dari 7 Mei s.d 28 Juni 2013 (di kampus atau di situs www.spmb.uinjkt.ac.id)
  3. Pelaksanaan ujian dilaksanakan pada 3-4 Juli 2013
  4. Pengolahan nilai dilakukan pada 5 Juli s.d 2 Agustus 2013
  5. Pengumuman hasil ujian pada 3 Agustus 2013
  6. Setelah adik-adik lulus, kemudian melakukan daftar ulang pada 2-23 Agustus 2013 (biasanya terjadwal sesuai dengan fakultas masing-masing). 
Berikut ini adalah program studi yang ditawarkan untuk adik-adik: (Klik gambarnya untuk memperbesar). Sumber

Materi Ujian


Keterangan: 
- TBS          : Tes Bakat Skolastik
- PA            : Pengetahuan Agama (Islam)
- BI             : Bahasa Indonesia
- BE            : Bahasa Inggris
- BA            : Bahasa Arab
- IPS T        : Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu
- IPA T        : Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu
- MAT IPS  : Matematika IPS
- MAT IPA : Matematika IPA  
Yang di atas itu soal-soal ujian sesuai paket yang dipilih.  


    Selain SPMB Mandiri, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta juga membuka pendaftaran jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui proses Penelusuran Prestasi Akademik (PPA). Berikut informasinya:
    1. Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), dilakukan oleh sekolah (biasanya Kepala Sekolah yang mengurusi) masing-masing pada 17 Desember 2012 s.d 8 Februari 2013
    2. Pendaftaran SNMPTN oleh adik-adik siswa mulai dari 1 Februari s.d 8 Maret 2013
    3. Proses seleksi dilaksanakan pada 9 Maret s.d 27 Mei 2013
    4. Pengumuman seleksi pada 28 Mei 2013
    5. Setelah itu adik-adik mengurus daftar ulang pada 11-12 Juni 2013.
    • Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
    Jalur ini dilaksanakan pada 11-12 Juni 2013. Untuk UIN Syarif Hidayatullah Jakarta masih bersifat tentatif artinya masih belum pasti apakah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta akan menjadi penyelenggara atau tidak tahun ini. Silahkan menghubungi bagian terkait.
    UIN Syarif Hidayatullah Jakarta membuka pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB-PTAIN) melali proses dan Ujian Tulis. Berikut informasinya: 
    Penelusuran Prestasi Akademik (PPA)
    1. Sosialisasi (biasanya di sekolah juga ada) dimulai dari 4 Februari s.d 15 Juni 2013
    2. Pendaftaran dilakukan dari 13 Februari s.d 21 Mei 2013
    3. Proses seleksinya dilaksanakan pada 22 Maret s.d 21 Mei 2013
    4. Pengumuman hasil seleksi pada 31 Mei 2013
    5. Daftar ulang pada 25-26 Juni 2013
    Ujian Tulis
    1. Sosialisasi ada pada 4 Februari s.d 15 Juni 2013
    2. Pendaftaran dimulai dari 6 Mei s.d 15 Juni 2013
    3. Pelaksanaan ujian dilakukan pada 25-26 Juni 2013
    4. Pengumuman hasil ujian akan diberitahukan pada 20 Juli 2013
    5. Daftar ulang dilaksanakan pada 29-30 Juli 2013

    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi bagian Humas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta atau mengunjungi situsnya www.uinjkt.ac.id, www.spmb.uinjkt.ac.id.
    Emailnya   : humas@uinjkt.ac.id
    Telepon     : (021) 740 1925 atau (021) 740 1829
     "Informasi bisa didapat tanpa harus membayar"
    Terima kasi telah mengunjungi blog saya. Salam kekeluargaan, salam blogger.
      
    Ciputat, 5 Februari 2013


    You may also like

    188 komentar:

    1. Semoga banyak yg mendaftar....terima kasih atas informasiny!

      BalasHapus
    2. Terima kasih atas kunjungannya Gan. Cuma mau share buat teman-teman yang galau pasca ujian akhir. :D

      BalasHapus
    3. kalau di uin ada jurusan ilmu komputer nggak?

      BalasHapus
      Balasan
      1. @likepret. di UIN jurusan yg berbau komputer itu jurusan Teknik Informatika (TI), Sistem Informatika (SI), ada di fakultas Sains dan Teknologi. Bisa dicek di http://uinjkt.ac.id/ atau http://fst.uinjkt.ac.id/
        Makasih udah ngunjungin blog ane. :D

        Hapus
      2. @Herry maaf ka saya mau tannya.. Jurusan Tekhnik Informatika dan Sistem Informatika perbedaanya apa ka?
        Saya lulusan SMK jurusan Management/Marketing dan saya mau ambil Jurusan yang ada kaitannya dengan komputer, Mungkin dari kaka ada masukan untuk saya ambil jurusan apa? . Mohon bimbingannya ka :) #Terima kasih^^

        Hapus
    4. assalamualaikum,,,
      oh iya biaya pendaftaran nya berapa ya??
      by heru suparja di tang-sel

      BalasHapus
      Balasan
      1. @Fery. kalo tahun kemaren 300ribu pendaftarannya untuk ujian mandiri. milih 2 jurusan yang berbeda.

        Hapus
    5. Bagaiman akreditasi prodi Akuntansi di UIN? Apakah tergolong bagus Akuntansi uin? Mohon pencerahanya. Terimakasih:)

      BalasHapus
    6. Akreditasi prodi Akuntansi di UIN apa ya? Sudah terbilang bagus kah akuntansi di UIN? Mohon dijawab. Terimakasih.

      BalasHapus
      Balasan
      1. @Ridhuwansyah. Pada tahun 2010 akreditasi prodi Akuntansi B, mungkin sampai tahun 2016. Itu info yang saya dapat. Prodi ini ada kelas reguler dan kelas internasional. Terima kasih atas kunjungan Anda.

        Hapus
    7. Apakah ada bimbel khusus tes Spmb-ptain oleh mahasiswa/i UIN?

      BalasHapus
      Balasan
      1. @Ridhuwansyah. Tiap tahun biasanya ada Bimbingan Tes (Bimtes) UIN Syarif Hidayatullah diadakan oleh beberapa organisasi di sekitar kampus, untuk persiapan Ujian SPMB Mandiri. Seminggu sebelum hari ujian. Terima kasih atas kunjungan Anda.

        Hapus
    8. kalo alumni pondok bisa gak ijasah nya?

      BalasHapus
      Balasan
      1. @RamandaAgungPutra. Untuk tahun akademik 2013/2014 saya kurang tahu, nanti saya informasikan. Tapi tahun akademik sebelumnya bisa pakai ujazah pesantren yang setara dengan SMA/MA.

        PERSYARATAN REGISTRASI tahun akademik 2010/2011:

        1. Tanda bukti Pembayaran biaya kuliah (asli) dari Bank Mandiri (Persero).
        2. Kartu Peserta SPMB-PTAIN (asli).
        3. Foto kopi Ijazah, SKHU/STTB dari MA/SLTA/Pesantren yang telah dilegalisir 1 (satu) lembar.
        4. Foto kopi tanda pengenal (KTP/SIM/Kartu Pelajar).
        5. Surat Kelakuan Baik dari Sekolah atau Kepolisian.
        6. Surat Kesehatan dari Rumah Sakit Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta;
        7. Pas Foto terbaru ukuran 3 X 4 cm sebanyak 6 lembar.
        8. Surat Pernyataan yang disiapkan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan diberi materai Rp.6.000,- yang ditandatangani calon Mahasiswa dan orang tua/wali.

        Silakan cek di sini : http://www.uinjkt.ac.id/index.php/component/content/article/40-daftar-ulang/1567-ptain.html

        Terima kasih atas kunjungan Anda. :)

        Hapus
      2. min bimtes yang bagus apa

        Hapus
    9. ka ikut bim tes kemungkinan masuk uin tambah gede ga

      BalasHapus
      Balasan
      1. @FahriFauzi. Maaf baru bales. Setahu ane yang jelas pihak kampus ga pernah ngadain bimtes, balik lagi tergantung usaha dari kita. Bimtes cuma sarana persiapan ujian masuk. Ga sedikit calon mahasiswa yang ikut bimtes ga lulus gara2 bimtesnya ga serius. Yang penting usaha sama do'a. :)

        Hapus
    10. Balasan
      1. Yang bagus apa ya?? Hehehe
        Banyak banget yang ngadain bimtes di kampus UIN, semua bimtes bagus karena targetnya membantu calon mahasiswa lulus ujian masuk. :)
        Makasih atas kunjungannya.

        Hapus
      2. tes spmb dilaksanakan tanggal berapa sih?

        Hapus
      3. @SitiBlues. Saya udah nulis di atas, ujian SPMB Mandiri (semoga) tanggal 3-4 Juli 2013. Monggo dibaca lagi. Terima kasih atas kunjungan Anda. :)

        Hapus
    11. Jalur mandiri uin apakah benar nampung 90%?

      BalasHapus
      Balasan
      1. @AkbarFirmansyah. Hanya pihak kampus dan Tuhan yang tahu. Hehe
        Yang jelas peluang lulus SPMB Mandiri lebih besar dari SNMPTN. :)
        Selebihnya silakan hubungi Humas Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Nomor kontaknya ada di atas. Terima kasih atas kunjungan Anda.

        Hapus
    12. Untuk masuk UIN. Lebih besar peluangnya untuk masuk, lewat jalur SNMPTN (PPA) atau jalur SPMB PTAIN (PPA) ??

      BalasHapus
      Balasan
      1. @Ridhuwansyah. Yang jelas kuota yang tersedia di SNMPTN / SPMB PTAIN lebih sedikit daripada SPMB Mandiri. Untuk selebihnya silakan tanya bagian Humas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Nomor kontak ada di postingan. Terima kasih atas kunjungan Anda. :)

        Hapus
    13. kaa kalo mau ambil jurusan KPI biasanya yg di tes apa aja yaa??

      BalasHapus
      Balasan
      1. @FitriaAl-Farisi. Ujian SPMB Mandiri, KPI itu masuk ke Paket B (Sosial), materi ujian tahun lalu paket B -> TBS (Tes Bakat Skolastik), PA (Pengetahuan Agama), BI (B. Indonesia), BE (B. Inggris), BA (B. Arab), IPS Terpadu, dan Matematika IPS. Untuk selebihnya silakan hubungi bagian Humas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Nomor kontaknya ada di postingan. Terima kasih atas kunjungan Anda. :)

        Hapus
    14. apa perbedaan "Hubungan Internasional" dan "Hubungan Internasional kelas internasional"?
      mohon dibalas, saya berniat kuliah di UIN

      BalasHapus
      Balasan
      1. @CariUang, setau saya perbedaan HI biasa dengan HI Internasional pada pengantar kuliah sama biaya kuliah. Untuk informasi selebihnya silakan hubungi bagian Humas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Emailnya : humas@uinjkt.ac.id ; Telepon : (021) 740 1925 atau (021) 740 1829
        Terima kasih atas kunjungan Anda. :)

        Hapus
    15. Kalau mau ambil prodi dari IPA&IPS (campuran), pilih paket apa ya untuk ujian Mandiri uin?

      BalasHapus
      Balasan
      1. @RidhuWansyah. Itu masuk paket BC/CB. Dan prodi yang diilih harus sesuai kategori IPS dan IPA. Misalnya Anda memilih 2 pilihan prodi, seperti Teknik Informatika (IPA/pilihan 1) dan Pendidikan Bahasa Inggris (IPS/pilihan 2). Soal/materi ujian ada di atas. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi bagian Humas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Emailnya : humas@uinjkt.ac.id
        Telepon : (021) 740 1925 atau (021) 740 1829
        Terima kasih atas kunjungan Anda. :)

        Hapus
      2. Ma'af mau tanya, berarti materi paket kita yang milih ya ?? Makasih:)

        Hapus
      3. Ma'af mau tanya, berarti materi paket kita yang milih ya ?? Makasih:)

        Hapus
      4. @PutriRahmawati. Iya peserta yang milih paket, karena paket menentukan jurusan yg dipilih. lebih jelasnya hubungi bagian Humas UIN ya. Kontaknya ada di atas. Atau bisa datang ke kampus.

        Hapus
    16. Ka ..
      mau tanya !! kalau jalur SPMB MANDIRI daftarnya bisa langsung ke UIN atau gak ??
      mohon dibales ya ka ..
      terima kasih :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. @MamayRadellaSquarepants. Pendaftaran bisa datang langsung ke kampus UIN, dan bisa juga online www.spmb.uinjkt.ac.id. Silakan dibaca ulang ya postingan saya. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi bagian Humas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Emailnya : humas@uinjkt.ac.id
        Telepon : (021) 740 1925 atau (021) 740 1829
        Terima kasih atas kunjungan Anda. :)

        Hapus
      2. Ohh makasih ya ka !!
        Oh ya kalau daftar langsung ke UIN lewat MANDIRI daftarnya digedung apa ya ka ??

        Hapus
      3. @mamayradellasquarepants. pendaftarannya di Gedung Akademik Pusat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kalo udah di kampus UIN, tanya aja, pasti banyak yang tau. Hehe
        Makasih udah berkunjung ke sini.

        Hapus
    17. Sistem penilaian spmb mandiri uin sama seperti SBMPTN tidak? Kalo yang benar +4, yang salah -1 ?

      BalasHapus
      Balasan
      1. @RidhuWansyah. Untuk sistem penilaian hanya pihak kampus dan Tuhan yang tahu. Hehe. Mungkin seperti itu. Terima kasih atas kunjungan Anda. :)

        Hapus
    18. gan, bedanya SPMBPTAIN ma SPM mandiri apa ya? bisa ikut dua duanya gak ya?

      BalasHapus
    19. @RiskaAgustina. Bisa ikut dua-duanya, asal waktu ujiannya ngga bentrok. Silakan dicek di situs resminya. Makasih atas kunjungan Anda. :)

      BalasHapus
    20. kalau ujian mandiri bayar pendaftarannya berapa ya ??

      BalasHapus
      Balasan
      1. @PutriKomala. Tahun lalu biaya pendaftaran Rp. 300.000. Makasih atas kunjungan Anda. Salam damai.

        Hapus
    21. ass.. Maaf sy mau tny nih..
      -d'fakultas sains n tekhnologi add jurusan tekhnik infrmtk n tekhnik infrmtka klas intr,. Emg beda ny aph,.???
      -d'ket d'ats kn pndaftaran mulai tgl 7 mei.. Tuh ngambil formulir ny,.??? Brp harga formulir ny..???
      -d'ket d'ats add tes bakas skolastik tuh maksud ny gmna y,.???

      Thxz.. Mohon d'jawab..
      Wass..

      BalasHapus
      Balasan
      1. @bahrulbahar.
        - yang jelas biaya semester berbeda, kuliah pengantar berbeda. kelas internasional pake bahasa asing. info lebih lengkap silakan kunjungi websitenya http://fst.uinjkt.ac.id
        - biaya pendaftaran tahun lalu Rp 300.000
        - sepertinya tes pengetahuan umum. Hehe. Silakan hubungi Humas UIN Jakarta. Kontaknya ada di atas ya..
        Terima kasih atas kunjungan Anda. Salam damai.

        Hapus
      2. ka maaf ni nannya lagi,, ngambil formulir ny kan mulai tgl 7 mei y,.??? cara bayar ny gmna ka,.??? n' tes mlalui spmb mandiri umur d'batasi gak,.???

        Hapus
      3. alurnya biasanya bayar dulu ke bank, habis itu dapet password dari struk bank buat login di spmb.uinjkt.ac.id. Formulirnya online.

        Hapus
    22. mau tanya nih kalau perbankan syariah itu di fakultas ekonomi atau di fakultas syariah dan hukum sih ?? terus kalo kita ujiannya tunggu pengumuman snmptn dan ptain dulu baru ujian mandiri bisa nggak ?? makasi sebelumnya

      BalasHapus
      Balasan
      1. @PutriKomala.
        1. Perbankan Syariah lebih dulu ada di Fakultas Syariah dan Hukum, entah kenapa tahun ini jurusan itu juga ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jadi ada 2 jurusan yang sama di 2 fakultas itu. Perbedaannya saya sendiri belum tau.
        2. Silakan hubungi bagian Humas UIN Jakarta dan kontaknya ada di atas.
        Terima kasih atas kunjungan Anda. Salam damai.

        Hapus
      2. mav ka ngerepotin lagi haduh bingung deh nih kan udah ke website yg spmb mandiri kan trus form pendaftaran mahasiswa baru tp kok jenjang s1 nya gak ada yah saya ke uin katanya suruh daftar online aja hm tolong bantuannya :)

        Hapus
      3. ka please dong bales ,, kok di spmb uin yang di form mahasiswa barunya cuma ada s2 sih? s1 nya gak ada yah ? saya udah ksana tapi katanya disuruh online aja udah lengkap padahal saya udah ke ruang akademik pusatnya langsung

        Hapus
      4. @PutriKomala. Ada kok, kalo mau jelas, dateng aja ke kampus, disediain komputer ko buat daftar online dari kampus. trus ntar juga banyak yg bantu dari kakak2 mahasiswanya.

        Hapus
    23. kira kira dari tiap tiap jalur diambil berapa persen ya ?

      BalasHapus
      Balasan
      1. @Music. Hanya panitia tiap jalur dan Tuhan yang tahu persentasenya. Hehe :)
        Terima kasih atas kunjungan Anda. Salam damai.

        Hapus
    24. ass..
      sya mau tnya nih,,
      -tuh kn tnggl 7 mei udh buka pndaftaran ny,, brpa harga formulir ny,.???
      -tes bakat skolastik tuh maksud ny appan y,.???
      -tuh maksud ny appan ya yg "tekhnik infrmtika (TI) n" tekhnik infrmtika klas intrnsionl,,???

      mohon d'jawab..
      thxz.. wass..

      BalasHapus
    25. Saya termasuk peserta SPMB-PTAIN PPA 2013. Apakah peluang saya besar untuk bisa lolos jika saya dari SMK swasta dan tidak melampirkan prestasi akademik se-Nasional?

      BalasHapus
      Balasan
      1. @RidwanSyahh. Berdoa ya semoga Anda lulus. Amin. :)

        Hapus
    26. Ka, kalo tesnya paket B, serius ga ada bahasa arabnya?

      Bales ya ka, Thanks :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. @AngriRamadhan. Paket B itu = sosial. Tahun lalu ga ada bahasa Arabnya. Silakan liat lagi tulisan di atas ya, materi yang diujikan tahun lalu.

        Hapus
      2. @AnggiRamadhan. Sami-sami.

        Hapus
    27. ka mau tanya Daya tampung Tekhnik Informatika thn skrg brp?

      BalasHapus
      Balasan
      1. @ShelaNurulfiah. Semoga daya tampung TI taun ini meningkat ya, biar banyak yg lulus. Silakan kunjungi websitenya, ada di komentar saya di atas. kalo nggak, silakan tanya ke bagian Humas kampus, supaya info yang diperoleh lebih jelas. Kontaknya ada di postingan di atas. Kalo ada info nanti saya kabari lagi. makasih :)

        Hapus
    28. Kaa klo ikut spmb mandiri persyaratannya apa aja??

      BalasHapus
      Balasan
      1. @fitriaAl-Farisi. Persyaratan spmb mandiri ada di komentar saya di atas, silakan diliat. Hehe.

        Hapus
    29. Ka klo pas daftar ulang Ijazah asli masuk persyaratan gk sih?
      Ato cukup legalisir'a aja?
      Thanks

      BalasHapus
      Balasan
      1. @HendrieTheNext. pas angkatan saya cuma yang dilegalisirnya doang.

        Hapus
    30. Kak, q masih blum tau ne, paket A,B,BC, dst. yg ada dalam tes jalur spmb, itu paket apa ? Mohon jelaskan.....
      Dan bener g' ce.. Fakultas usuludin uin syarif h. Menerima mahasiswa baru dgn tanpa tes, tp langsung di terima.....???
      q tunggu jwbnya, dan Trimakasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. @ohanAfwayz. paket itu materi yang diujikan dan jurusan/prodi yang dipilih. A untuk Agama, B untuk Sosial, C buat Sains. kalo jurusan yang kamu pilih ada di Sosial sama Agama berarti materi ujiannya dari Sosial-Agama (campuran).

        Hapus
      2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

        Hapus
    31. Spmb ini sama seperti sbmptn bkn ?
      Trus syaratnya apa aja ?

      BalasHapus
    32. Ka' Ijazah asli wajib tidak?
      Atau cukup legalisirnya saja?
      Thanks a lot.

      BalasHapus
    33. daata ininya tolong kirimin ke akun google saya ya ka.. pliss di tunggu scepatnya -_-

      BalasHapus
    34. Ka mau tanya !!
      kalau jurusan Pendidikan PGSD ada atau gak ka ?

      Terima kasih ..

      BalasHapus
      Balasan
      1. @MamayRadella. Ada, di UIN namanya PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah).

        Hapus
    35. Ka mau tanya kalo spmb-ptain(PA)itu masih di buka ga??
      Trus buat lulusan tahun 2012..bisa ga ikut..program yang itu..terima kasih..

      BalasHapus
    36. ass
      mwu tnya gmna cara dftr k UIN masuk fakultas farmasi..
      apa aja persyaratan nya..
      yang mudah biar masuk gituu...

      BalasHapus
      Balasan
      1. @YoanNurFaizal. Persyaratan http://akademik.uinjkt.ac.id/persyaratan-pendaftaran-spmb-mandiri-2013/

        Hapus
    37. ka aku kan udah punya ID SPMB nya terus kalo mau login alamat web-nya apa ya? terimakasih sebelumnya

      BalasHapus
      Balasan
      1. login di spmb.uinjkt.ac.id. trus klik form pendaftaran s1

        Hapus
    38. ka aku kan udah punya ID SPMB nya nah kalo mau login alamat web-nya apa ya? terimakasih sebelmnya :)

      BalasHapus
    39. ka tujuan tes ada paketnya knapa

      BalasHapus
    40. ka tujuan paket tes nya beda buat apa

      BalasHapus
      Balasan
      1. @FahriFauzi. tujuannya buat milih jurusan yg kamu minati, misal kalo kamu mau masuk jurusan Farmasi berarti kamu harus ngambil paket C (Sains) dan jurusan keduanya Pendidikan Bahasa Inggris berarti kamu juga harus ngambil paket B (Sosial). Jadi nanti kamu tes harus ngambil paket campuran CB (Sains-Sosial).

        Hapus
    41. Ka, mau tanya,, kalo uin terima mahasiswa pindahan ga kira-kira?

      BalasHapus
    42. Ka, mau tanya,,kalo uin terima mahasiswa pindahan ga dari univ lain kira2?

      BalasHapus
      Balasan
      1. @LelyFatmawati. Setau saya bisa. karena di form pendaftaran ada status pindahan/tidak.

        Hapus
    43. assalamu'alaikum. kak kalau yg SBMPTN, kan ada tes keterampilan ya itu maksudnya gmna kterampilan apa?

      BalasHapus
    44. kak, di UIN Jakarta ini ada jurusan yang berhubungan dengan ilmu geografi/sosiologi nggak??

      BalasHapus
      Balasan
      1. @ShafwanHidayat. Setau saya di UIN ada jurusan Pendidikan IPS, barangkali nanti konsentrasinya ke arah situ (ekonomi, sejarah, geografi, akuntansi). untuk spesifikasi jurusan geografi blm ada, kalo jurusan sosiologi ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

        Hapus
    45. mas hery klo lngsung dftar ke kmpusnya, btas akhir tnggl 28 juni kan?

      insya allah ne mo dftar lngsung k kmpus,,, ane dket soalx...

      BalasHapus
      Balasan
      1. @J.Tamam. iya, silakan dateng aja. tapi sebaiknya jgn akhir2 pendaftaran, antisipasi kalo ada sesuatu bisa dikelarin kan.

        Hapus
    46. Ka pendaftaran jalur Mandiri udah dibuka belum...

      mohon dijawab ka..
      terima kasih ..

      BalasHapus
    47. mas, maksudx kelompok ujian ips, ipa, n ipc itu bagaimana ?
      kalo misalkan mau masuk BSA itu pilih yang mana ?
      saya kurang paham, mohon penjelasannya.

      BalasHapus
      Balasan
      1. @SubhanUbaidi. tujuannya untuk memilih jurusan sesuai background pendidikan peserta. kalo BSA pilih paket A (Agama).

        Hapus
    48. @semua. Kunjungi postingan saya khusus SPMB Mandiri. http://herryflawless.blogspot.com/2013/05/tentang-spmb-mandiri-2013-uin-jakarta.html

      BalasHapus
    49. kak, jurusan Sistem Informasi itu membahas IPS secara umum(keseluruhan), atau membahas secara spesifik, misalkan hanya membahas ilmu geografi saja..
      gimana tu kak?

      BalasHapus
    50. Asslm.. ka mau nnya kan di website uin ada form PMB.. nah itu hrus bayar dulu atau isi form dlu. bcs dsitu ad nmor pndftran...?
      #mhn blssnnya. sykron

      BalasHapus
      Balasan
      1. @AyuRea. silakan kunjungi postingan saya Tentang SPMB UIN Jakarta.

        Hapus
    51. gan buat jurusan sistem informasi kuotanya berapa? dan apa emang benar peluang masuk uin lebih besar di spmb-nya? soalnya teman ane tahu lalu ikut spmb-nya juga ga lolos gan? ya padahal dia pinter ilmu agamanya juga lumayan maklum jebolan santren,, sory jdi curcol dikit gan ^__^ , thanks before, mohon dibalas.

      BalasHapus
      Balasan
      1. @TeddyGerrard. soal kuota hanya pihak kampus dan Tuhan yang tau, saya cuma mahasiswa biasa. hehe. jurusan sistem informasi itu masuk ke paket B (sosial), misalnya temen ente ngambil pilihan pertama jurusan tersebut otomatis ujian IPS (sosialnya/paket B) harus bagus. ya mungkin belum waktunya. yakin usaha ente bakal tercapai.

        Hapus
    52. bang,apa bener ya di UIN bakalan ada test bahasa Arab ?

      BalasHapus
    53. bang. kalo daftar spmb nya terlambat kyk mana?
      soal nya ijasah dr pondok aku bulan juli bru di bagiin....
      mohon dijawab

      BalasHapus
      Balasan
      1. @ramandaAgung. Daftar SPMBnya jgn sampe terlambat, ntar ga bisa ujian.

        Hapus
    54. ka apakah sekarang masih bisa pendaftaran unutk jalur spmb ptain?
      makasih

      BalasHapus
    55. kak mau nanya nih.
      Apasih bedanya SPMB-PTAIN (PA) sama SPMB-PTAIN (UT)?
      Ada pengaruhnya nggak sama biaya administrasi?

      BalasHapus
    56. assalamm...saya mau tanya, kalo masuk uin melalui jalur spmb-ptain bisa daftar bidikmisi apa engga' ya? trimaksih

      BalasHapus
    57. Maaf ka... sya mo tanya kalo yg d maksud Tes Bakat Skolastik(TBS) tu tes yg gmna? trus materi appa yg d teskan? mohon pencerahannya, makasih ka...

      BalasHapus
    58. misi ka , ana lulusan 2010 . apakah masih bisa ikut seleksi masuk UIN lewat jalur mandiri?

      BalasHapus
    59. maaf, untuk program s2 pendaftarannya dari kapan n sampai kapan ya?
      biaya pendaftaranya berapa ya....


      di tunggu sangat jawabannya. trimaksih

      BalasHapus
      Balasan
      1. @Thiex. silakan kunjungi ini mbak http://akademik.uinjkt.ac.id/jadwal-kegiatan-spmb-mandiri-2013-s2/

        Hapus
    60. bang saya mau masukan adik saya di uin di ingingi jurusan perbangkan jadi sya harus daftar di paket apa..........?

      BalasHapus
    61. mau tanya nih ada yg punya informasi ttg bimbingan belajar khusus ujian mandiri uin adik saya mau masuk uin soalnya

      BalasHapus
    62. di uin ada jurusan pend bahasa inggris? dan tes yg akan diujikan apa aja klo aku jalur spmb ptain tulis? terimakasi.

      BalasHapus
    63. assalamu'alaikum.
      'afwan, mau tanya. Apa bisa mendaftar spmb ptain 2x dgn data yg sama kcuali tmpt ujianx? Sy sdh mndftar 1x tp slh pilih tmpt ujian. Pdahal sy sdh sngt berhati hati. Sy yakin mmilih uin alauddin makassar sbg tmpt ujian, tp yg muncul di kartu ujian trxt uin syarif hidayatullah jakarta. Sy tgl di sulawesi. Ini penting skali, mohon bantuanx..
      Syukran qablah

      BalasHapus
      Balasan
      1. @difahPermata. coba hubungi bagian terkait aja mbak perihal kartu ujian itu. barangkali ada kesalahan. :)

        Hapus
    64. mau nanya ka kalo jurusan akuntansi sama perbankan itu yg di prioritaskan dari pelajaran apa ya tesnya?

      BalasHapus
      Balasan
      1. @Mei. semua pelajaran, materinya ada di atas. IPS

        Hapus
    65. kalau mau liat nama-nama mahasiswa baru yang lulus spmb-ptain(PPA) dimana ya?

      BalasHapus
      Balasan
      1. yang tau silakan share di sini.
        coba buka www.spmb-ptain.ac.id

        Hapus
    66. mau nanya nih
      test PTAIN tertulis ruang ipc 7 di fakultas apa ya, saya bingung nyarinya
      mohon bantuannya

      BalasHapus
    67. Ass. Mau tanya kak kalo ikut uin syarif hidayatullah jakarta jalur mandiri bisa ga testnya dijogja? Terimakasih. Mohon dibalas ya

      BalasHapus
      Balasan
      1. @Rinty. tempat ujian spmb mandiri udah disediain sm panitianya, kemungkinan di kampus uin jakarta sendiri. atau coba kamu hubungi bagian Humas UIN Jakarta. nomernya ada di atas. makasih.

        Hapus
    68. assalamu'alaikum....ka lw ngisi d FORMULIR MULTI PEMBAYARAN BANK MANDIRI kan isinya ada PENYETOR/PEMILIK RKENING nah itu diisi ama apa?
      truus untuk PENERIMA/NAMA PERUSAHAAN JASA, itu diisi ama SPMB-MANDIRI atw UIN jakarta?
      Syukroooon ka..
      wassalmu'alikum...

      BalasHapus
    69. ka, bimtes di uin itu materi'a apa aja? Kapan diadain bimtes'a? Pembyaran'a bagaimana, bisa ga kalo beli buku'a aja?

      BalasHapus
    70. makasi kk infonya, :)
      tapi mau tanya soal biaya awalnya.. karena di web cuma ada biaya pendaftaran sama biaya semester aja.
      itu kira2 diawal habis berapa ya kak?! muter2 cari tau gak dapet2 ni, heheh
      makasiii sebelumnya kak

      BalasHapus
    71. Itu klo mau daftar bayar ke bank mana aja gan?

      BalasHapus
    72. kalo tes pengetahuan agama kira2 apa saja yg dites ya? tes lisan atau tulis? atau bagaimana?

      BalasHapus
    73. Maaf mau tanya, untuk IPS Terpadu di mandiri uin itu ada materi sejarah/tidak? Mohon dijawab. Terimakasih.

      BalasHapus
    74. GAN? Saya kan dari D3 perbankan syariah. ad rencana buat transfer ke s1, tp ambil kelas karyawan. sabtu minggu gt gan. bisa ga pak di UIN JKT? mohon dibalas, kemaren saya sudah kekampus tp malah ada wisuda. kantor tutup semua. :)

      BalasHapus
    75. kaaa saya mau nanya kerjasama UIN-UI "TIPS" itu gy mana si?apakah kalau kita sudah masuk uin kita ikut TIPS?

      BalasHapus
    76. teriama kasih atas infonya... :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. @nandasyahni: cieee,, lulus nih.. :D

        Hapus
    77. Assalamualaikum..kak saya masih kls 3 smk jurusan perawat,saya ada niat masuk uin jurusan perawat tetapi tdk melalui jalur snmptn/yang lainnya. apakah bisa? lalu biyaya jurusan keperawatan mahal/tidak? thanks sebelumnya:)

      BalasHapus
      Balasan
      1. @SendiAyuningTyas. untuk tahun 2013, jalur yang dipake yg ada di atas. saya kurang tau kalo buat tahun selanjutnya. biayanya silakan unduh di situs www.uinjkt.ac.id
        Makasih kunjungannya.

        Hapus
    78. assalamualaikum, kak herry kl pendaftaran untuk tahun 2014-2015 kapan yah? soalnya di akun akun uinjkt blm ada info yg beredar kapan pendaftaran murid baru untuk tahun 14-15,jd aku bingung. makasih kak,dimohon infonya:)

      BalasHapus
      Balasan
      1. @ShellaAnnisa. Pendafaran SPMB Mandiri biasanya bulan Mei-Juni.

        Hapus
    79. oh gitu ya kak. oke makasih:) btw kl untuk pendaftaran murid baru tahun 2014-2015 kapan ya kak?soalnya blm ada informasi mengenai itu di akun2 UINJKT. aku jd bingung. makasih kak sebelumnya mohon informasinya yahh:))

      BalasHapus
      Balasan
      1. @SendiAyuning. Pendaftaran SPMB Mandiri biasanya dari Mei-Juni.

        Hapus
    80. Assalamualakum,
      saya mau tanya, apakah setiap mahasiswa wajib mengikuti tes?
      Dan bagamana jika tes Bahasa Arab atau salah satu tes ada yang tidak lulus? Apa akan gugur dan tidak lulus?
      Terima kasih. saya tunggu secepatnya!

      BalasHapus
      Balasan
      1. @NurulPatimah.
        Wa'alaikumsalam. Pasti ada prosedur dong tiap kampus, kalo mau jadi mahasiswa UIN Jakarta ya ikuti prosedur, salah satunya tes SPMB. Kalo penilaian saya kurang tau, yang jelas ujiannya berbentuk paket. Monggo dibaca lagi paket ujiannya di atas. :D

        Hapus
    81. ka mau tanya:) kl biologi sama kesehatan masyarakat lebih tinggi mana passing nya?

      BalasHapus
      Balasan
      1. @FarasGaitsa. Kalo menurut saya dua-duanya tinggi. saat ini UIN Jakarta sangat selektif dalam menerima mahasiswa baru, dilihat dari kualitasnya, karena kampus ini menargetkan masuk ke dalam 500 world class university. yang penting belajar aja biar pas tes bisa lulus. :D

        Hapus
    82. Balasan
      1. @AyuNurfitria. Ada, kalo di UIN Jakarta namanya PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah), setara dengan PGSD. :D

        Hapus
    83. ka kalo mau ambil jurusan akuntansi jalur SPMB Mandiri yang ditest paket apa?

      BalasHapus
      Balasan
      1. @RianaIvanka. Pokoknya paket yang berbau B. Bisa paket B, BA, CB. :D

        Hapus
    84. ass mw tanya kak, di uin tuh penerimaan mahasiswanya di batas gak?
      trus klau bleh tau per semesternya berapa pada tahun 2014 ini
      tlong di bles, saya btuh banget info nya kak

      BalasHapus
      Balasan
      1. @EkaRaudhatul.
        Salam, tentu ada batasnya. persemesternya beragam, tergantung jurusan masing-masing. :D

        Hapus
      2. ooh gt ya kak, klau bleh tau kira" kuotanya mahasiswa berapa???

        Hapus
      3. @EkaRaudhatul. Kuota untuk tahun dpan saya kurang tau. Tahun lalu kira-kira sekitar 3000an mgkin. :D

        Hapus
      4. oohh,,,, gitu ya kak makasih atas info nya!!! :d
        eh satu lagi mw nanya
        terakhir pendaftarannya kpan ya kak?? apa ada gelombang-gelombangnya gk kak buat pendaftarannya_tlong bles

        Hapus
      5. @EkaRaudhatul.
        Terakhir ya, untuk tahun 2014/2015 pendaftaran blm dibuka. Sosialisasi dari kampus biasanya dari April. :D :>)

        Hapus
      6. oo,,, makasih ya kak!!!! ats infonya!!
        sekali lgi makasih atas infonya :)

        Hapus
    85. saya mau tanya kalau di uin ada kelas karyawan nya gak kalau ada biaya persemesternya berapa?

      BalasHapus
      Balasan
      1. @NindaAtifah. Konon kelas karyawan terakhir kali dibuka untuk angkatan 2008, setelah itu nggak dibuka lagi, alias nggak ada kakak.

        Hapus
    86. kak saya mau nanya, apakah lulusan 2013/2014 bsa ikut spmb-ptain 2014/2015? terima kasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. @OmpiElarda.
        coba buka websitenya aja, www.spmb-ptain.ac.id
        :D :>)

        Hapus
    87. kak pendaftaran mahasiswa baru tahun 2014/2915 kapan dibukanya kaa

      BalasHapus
    88. assalamualaikum,,,
      kak kalau di uin syarat-syarat untuk ikut SNMPTN ap saja ?
      berapa daya tampung tahun 2014/2015 di jurusan kedokterannya sama di kimia ?

      BalasHapus
    89. assalamualaikum kaa,,
      ka saya mau tanya2 nih,untuk prodi pendidikan dokter di uin kuota jalur snmptn itu berapa yah?trus terus prodi pendidikan dokter di uin akreditasnya apa yah?kalo boleh usul sih kaka tolong posting daftar akreditas setiap prodi yang ada di uin biar jelas.syukron:)

      BalasHapus
    90. mau nanya dong.. tahun sekarang UIN kalo mau masuk jalur mandiri, bulan apa? dan tanggal berapa???

      tolong bales ya :)

      BalasHapus
    91. assalamu'alaikum ka..
      ka, saya maw tanya kira2 apa aja ya syarat masuk prodi kedokteran di uin, dan brapah biaya awla semestrer tahun sblumya.. syukran, tolng dbalas ya kak.. :)

      BalasHapus
    92. Kak, akreditasi kedokteran uin jakarta apa yah? Makasih, harap dibalas ya kak :-)

      BalasHapus
    93. assalamu'alaikum wr.wb kak ..
      mau tanya , akreditas ekonomi syariah di uin itu apa ?

      BalasHapus
    94. ka saya mau tanya untuk prodi di farmasi UIN untuk SNMPTN menerima berapa kursi. terimakasih

      BalasHapus
    95. to all : Buat yg mau tanya2, bisa langsung ke kampus UIN aja langsung ke bagian Information Center, disitu mau nanya apa, pasti dijawab lengkap kok, gk usah malu2 kalo ingin maju yaa :D

      BalasHapus
    96. pengen banget masuk uin!!!!!!!!!!!!!!!!!1

      BalasHapus
    97. Ka. gimana sih daftar secara online,.? saya bingung banget nich.......
      makasih yah ka....
      semoga saya bisa masuk

      BalasHapus
    98. ka misalkan ke kampusnya langsung nanya sama siapa yah,,,,,??????

      BalasHapus
    99. untuk tahun 2014 berapa jumlah penerima beasiswa bidik misi di uin jakarta?? syarat yang di atas udah rinci???

      BalasHapus
    100. Assalamkm, ma'af saya mau tanya-tanya, untuk SPTAIN itu tersediah d jalur Bidikmisi tidak??? soalnya saya mau pilih jalur seleksi di bidikmisi,tpi tdk tahu bagaimana caranya???

      BalasHapus
    101. Ka mau tanya kalo di Uin apa bisa menerima transferan dari D3 kebidanan ke S1 kesehatan masyarakat ? Klo bisa persyaratannya meliputi apa aja ya ka? Terimaksih sebelumnya

      BalasHapus
    102. assalamu'alaikum,,,
      mau tanya ni, kalo lulusan dari luar negeri gimana ya,, pa boleh masuk kulyah di sini..?

      BalasHapus
    103. selamat pagi,
      saya dari D3 analis kimia ingin melajutkan S1 kimia di uin.. syarat pendaftarannya bagaimana ya? apakah harus lewat jalur SPMB atu langsung ke jurusan?

      BalasHapus
    104. ass kag, klo saya dri smk bsa gk
      mksih

      BalasHapus
    105. ass kag, apa msih bka pndftaran ny, dan apa bisa saya dari smk
      mksih

      BalasHapus
    106. ka???
      Bagaimana cara ngedaftar jalur mandiri ?

      BalasHapus
    107. @all. daftar jalur mandiri langsung aja dtang ke kampus UIN Jakarta.

      BalasHapus
    108. Nanya Bang, D UIN Ciputat ada Jurusan Bhs inggris gk???

      BalasHapus
    109. di UIN ada ekstensi farmasi tidak?

      BalasHapus

    Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejaknya dengan komentar.
    Komentar berbau SARA akan diedit atau bahkan dihapus.
    Indonesia damai itu Indah. Salam blogger. :D